"Sebuah Nama Sebuah Cerita"

Welcome to My Blog !


" A Story of Experience, Science and
Expression of feelings"

- Go where u wanna go - Do what u wanna do - Be what u wanna be - U just have one life and one chance to do all the things u wanna do -

Home

Sabtu, 17 Desember 2011

Kalo Indonesia Punya Kebaya, Negara-Negara Ini Punya Apa Ya ?

Vietnam-Ao Dai

Quote:
Ao dai (áo dài) adalah jenis dari pakaian nasional Vietnam yang dikenakan oleh kaum wanita. Pada gayanya yang sekarang, ao dai memiliki model yang ketat, terbuat dari kain sutera dan dikenakan dengan celana pantalon.

Kalangan akademis menyebut ao dai adalah pakaian yang melambangkan kecantikan wanita Vietnam dan rasa nasionalisme Vietnam, salah satunya adalah dengan penyelenggaraan kontes kecantikan "Miss Ao Dai" Áo diserap dari bahasa Tionghoa lama yang berarti "pakaian". Dalam bahasa Vietnam moderen, áo mengacu pada jenis pakaian yang menutupi tubuh dari leher sampai ke bawah. Dài berarti "panjang.
Quote:
Spoiler for ao dai:


Spoiler for ao dai:
India-Saree

Quote:
Sari atau saree atau shari adalah jenis kain yang dipakai wanita di negara India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Sari adalah pakaian yang terdiri dari helaian kain yang tidak dijahit, variasinya beragam dengan panjang 4-9meter yang dipakaikan di badan dengan bermacam-macam gaya.

Jenis yang paling umum adalah sari yang dililitkan di pinggang, dengan ujungnya yang disangkutkan dari bahu ke punggung belakang. Sari biasanya dipakai menutupi petticoat atau baju bagian dalam (pavada/pavadai di India Selatan, dan shaya India Timur), dengan blus choli atau ravika. Choli memiliki lengan yang pendek dan leher yang rendah untuk mengadaptasikan warga Asia Selatan dengan musim panasnya yang sangat panas.
Quote:
Spoiler for saree:


Spoiler for saree:
Jepang-Kimono

Quote:
Pemilihan jenis kimono yang tepat memerlukan pengetahuan mengenai simbolisme dan isyarat terselubung yang dikandung masing-masing jenis kimono. Tingkat formalitas kimono wanita ditentukan oleh pola tenunan dan warna, mulai dari kimono paling formal hingga kimono santai. Berdasarkan jenis kimono yang dipakai, kimono bisa menunjukkan umur pemakai, status perkimpoian, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri.
Quote:
Spoiler for kurotomesode:
Tomesode adalah kimono paling formal untuk wanita yang sudah menikah. Bila berwarna hitam, kimono jenis ini disebut kurotomesode (arti harfiah: tomesode hitam). Kurotomesode memiliki lambang keluarga (kamon) di tiga tempat: 1 di punggung, 2 di dada bagian atas (kanan/kiri), dan 2 bagian belakang lengan (kanan/kiri). Ciri khas kurotomesode adalah motif indah pada suso (bagian bawah sekitar kaki) depan dan belakang. Kurotomesode dipakai untuk menghadiri resepsi pernikahan dan acara-acara yang sangat resmi.
Spoiler for gambar:
Quote:
Spoiler for irotomesode:
Tomesode yang dibuat dari kain berwarna disebut irotomesode (arti harfiah: tomesode berwarna). Bergantung kepada tingkat formalitas acara, pemakai bisa memilih jumlah lambang keluarga pada kain kimono, mulai dari satu, tiga, hingga lima buah untuk acara yang sangat formal. Kimono jenis ini dipakai oleh wanita dewasa yang sudah/belum menikah. Kimono jenis irotomesode dipakai untuk menghadiri acara yang tidak memperbolehkan tamu untuk datang memakai kurotomesode, misalnya resepsi di istana kaisar. Sama halnya seperti kurotomesode, ciri khas irotomesode adalah motif indah pada suso.
Spoiler for gambar:
Korea-Hanbok

Quote:
Hanbok (Korea Selatan) atau Chosŏn-ot (Korea Utara) adalah pakaian tradisional masyarakat Korea. Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti "pakaian orang Korea", hanbok pada saat ini mengacu pada "pakaian gaya Dinasti Joseon" yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional.
Quote:
Spoiler for hanbok:


Spoiler for hanbok:
Meksiko-Huipil

Quote:
Huipil adalah salah satu pakaian yang indah sehingga merupakan bagian dari pakaian tradisional Meksiko. Huipil dapat digambarkan menjadi tunik lengan atau secara kasar dapat dikatakan sebagai pakaian karung. Umumnya kapas digunakan untuk huipil tapi kali bahkan dapat melihat penggunaan wol. Dengan strip segi empat dari kain yang dipotong dengan panjang bervariasi, baik panjang atau pendek dan ini juga dapat berupa luas atau sempit lebar. Hanya perempuan umumnya mengenakan pakaian huipil.
Quote:
Spoiler for huipil:


Spoiler for huipil:
Norwegia-Bunad


Quote:
Pada 17 Mei, rakyat Norwegia akan memakai pakaian terbaik mereka. Mereka banyak memakai Norwegia Bunad, Norwegia Bunad adalah pakaian tradisional Norwegia yang spesifik dari mana mereka berasal. Di Norwegia terdapat sedikitnya 200 gaya Bunads. Dengan desain yang sangat rumit, buatan tangan, dengan bordir, syal – syal dan emas atau perak. bunad perempuan dikenal lebih kompleks dan beragam daripada bunad pria. Jika mereka tidak memiliki Bunad, mereka akan memakai pakaian dengan pin bendera atau pita. Mereka juga akan membawa bendera genggam kecil.
Quote:
Spoiler for bunad:


Spoiler for bunad:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar